Sebagian besar orang pasti udah pernah denger kata ‘web hosting’.  Nah, buat yang belom pernah denger dan yang belum tau maksudnya, di postingan kali ini saya akan menjelaskannya.

Website merupakan kumpulan file yang ada pada sebuah komputer server yang terhubung ke internet. Jadi, ketika kita masuk suatu website, sebenarnya kita hanya terhubung ke suatu server yang menampilkan file yang ingin kita lihat. Nah, memindahkan dan menyimpan file di server itulah yang kita sebut sebagai web hosting.

Ok, dari penjelasan di atas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa sebenarnya web hosting bisa kita lakukan dengan komputer sendiri asal nyambung ke internet kan? Benar! Kalo gitu kenapa banyak orang yang tetep make jasa hosting yang terkadang mesti bayar mahal? Soalnya pada akhirnya dengan hosting make komputer sendiri, ujung-ujungnya malah akan lebih mahal. Supaya komputer bisa dipake buat sebagai server, komputer tersebut harus mempunyai spesifikasi yang sangat tinggi dan harus selalu online. Kebayang kalo komputer server itu speknya cupu, bisa-bisa buat buka halaman yang biasa aja sampe bermenit-menit.

Nah dengan menggunakan jasa web hosting yang tersebar banyak di internet, biaya yang kita keluarkan akan lebih murah daripada membeli server sendiri dan kita juga tidak perlu repot untuk merawat server kita. Penyedia jasa web hosting memiliki perlengkapan hardware, software, bandwidth, dan servis teknis yang kita butuhkan tanpa perlu kita lakukan sendiri.

Jika dihubungkan dengan domain, keduanya akan saling berkaitan. Bila diumpamakan, domain adalah sebuah alamat rumah dan hosting adalah rumahnya. Kalau hanya ada alamat rumah, tidak akan ada yang bisa dikunjungi, sedangkan kalau hanya ada rumah, tidak ada jalan yang bisa diakses. Begitu pula domain dan hosting. Bila hanya ada domain, tidak akan ada yang bisa ditampilkan, dan bila hanya ada hosting, tidak ada alamat yang bisa mengakses halaman yang dicari.

Sip, semoga informasi di atas dapat menambah pengetahuan para pembaca :D